Sekda Pimpin Sertijab Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Setdaprov Kalteng
PALANGKA RAYA – BIRO ADPIM. Sekretaris Daerah (Sekda) Nuryakin memimpin Serah Terima Jabatan Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Kalimantan Tengah (Kalteng), bertempat di Aula Jayang Tingang, Lantai II Kantor Gubernur, Senin (22/8/2022).
Sebanyak 38 Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Setdaprov Kalteng hari ini melaksanakan Serah Terima Jabatan setelah acara Pelantikan yang digelar pada 12 Agustus 2022 lalu.
Adapun jabatan yang diserahterimakan di Aula Jayang Tingang hari ini, terdiri atas 7 jabatan administrator dan 12 jabatan pengawas. Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan dilakukan secara simbolis.
Dalam arahannya, Sekda Nuryakin mengapreasi dan menyambut baik kegiatan hari ini. “Saya sudah lama ingin mengumpulkan teman-teman di lingkup Setda ini,” ujar Sekda sebelum memaparkan poin-poin arahannya.
Sekda berharap semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Setda yang mencapai 322 orang dapat meningkatkan kedisiplinan. “Disiplin kita perlu kita tingkatkan. Misalnya, kedisiplinan dapat dimulai dari tata cara berpakaian dinas atau kehadiran,” kata Sekda menyontohkan.
Selanjutnya, Sekda berharap orang-orang yang bertugas di Setda merupakan orang-orang terpilih yang bisa memegang estafet kepemimpinan di masa depan.
Adapun sebagai koordinator, Setda harus bisa meningkatkan kecepatan koordinasi dengan SOPD atau koordinasi antar Biro. “Bentuk tim reaksi cepat, pilih 1 orang tiap Biro. Jadi, nanti semua Biro digabung lintas sektor. Tim bisa langsung ke SKPD cari data,” urai Sekda.
Menanggapi arahan Sekda, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Herson B. Aden kembali menegaskan bahwa disiplin pegawai harus benar-benar dijalankan. “Kita adalah markas besar Pemprov. Jadi, apa yang kita lakukan adalah cerminan Pemprov Kalteng.”
Selain itu, orang-orang yang bertugas di Setda diharapkan menjadi jembatan penghubung antara Sekda dengan SOPD terkait. “Menyikapi masalah data, seharusnya kita sudah membangun satu database yang baik di tingkat Setda. Data ini bukan database tapi data sektoral yang dimiliki Dinas/Badan Pemprov Kalteng,” jelas Herson.
Pejabat baru, menurut Herson, diharapkan bisa berkreasi dalam mengumpulkan data. “Itu beberapa hal yang kita harus lakukan penguatan untuk ke depan. Hilangkan ego sektoral,” pungkasnya.
Masih terkait database, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Leonard S. Ampung menekankan bahwa data adalah kompas sehingga koordinasi yang baik dengan SOPD terkait dinilai sangat penting untuk mendukung proses pengumpulan data. “Updating data itu penting sekali,” imbuhnya.
“Apapun yang kita lakukan ketika diberikan amanah, kepercayaan, lakukan yang terbaik. Itu sebenarnya hakikat dari kita sebagai PNS,” pungkas Leonard.
Pada kesempatan yang sama, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Katma F. Dirun mengungkapkan terdapat 3 kompetensi dasar yang harus dipenuhi dalam sebuah jabatan, yakni knowledge (pengetahuan), skill (keterampilan), dan attitude (sikap/perilaku). “Tiga kompetensi ini harus dipegang dan perlu dikembangkan. Tanpa ini, tidak ada kinerja yang berkualitas. Kinerja tidak pernah bagus apabila kita masih menggunakan gaya dan budaya lama,” urai Katma.
Sebelumnya diberitakan, sebanyak 164 Pejabat Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Pemprov Kalteng dilantik berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalteng Nomor 188.44/1244/2022 tanggal 12 Agustus 2022.
Pelantikan dan pengambilan sumpah janji dilakukan Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo atas nama Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Aula Jayang Tingang, Lantai II Kantor Gubernur. (ran/bow)