Sekda Kalteng Hadiri Audiensi Bersama Asdep Koordinasi Tata Kelola Pemerintahan Kemenko Polhukam
Sekda Nuryakin menghadiri Audiensi Asdep Koordinasi Tata Kelola Pemerintahan Y. Syaiful Garyadi dengan Pemprov Kalteng di Ruang Rapat Bajakah, Lantai II Kantor Gubernur, Rabu (15/2/2023).
PALANGKA RAYA – BIRO ADPIM. Sekretaris Daerah (Sekda) Nuryakin menghadiri Pertemuan atau Audiensi Asisten Deputi (Asdep) Koordinasi Tata Kelola Pemerintahan pada Deputi Bidang Komunikasi, Informasi, dan Aparatur Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Y. Syaiful Garyadi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (15/2/2023), bertempat di Ruang Rapat Bajakah, Lantai II Kantor Gubernur.
Turut hadir pula pada pertemuan ini, antara lain Asisten Administrasi Umum Sri Suwanto, Kepala Biro Organisasi Lilis Suryani, Kepala Biro Hukum Maskur, Kepala Biro Perekonomian Said Salim, dan sejumlah perwakilan Perangkat Daerah yang terkait.
Adapun kunjungan kerja kali ini, yaitu dalam rangka melaksanakan pemantauan langsung dan inventarisasi data terkait kebijakan bidang tata kelola pemerintahan khususnya pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Demikian disampaikan Asdep Koordinasi Tata Kelola Pemerintahan.
Terkait Reformasi Birokrasi, Sekda memaparkan bahwa Provinsi Kalteng telah menerima Lembar Evaluasi Reformasi Birokrasi Tahun 2022 dan memperoleh nilai 62,29 dengan predikat B. “Ada peningkatan dibanding dengan pencapaian pada tahun 2021 (59,73 predikat CC),” ujarnya.
Lebih lanjut, disampaikan Sekda, Pemprov Kalteng telah melakukan upaya perbaikan dan membuat rencana aksi tindak lanjut atas rekomendasi yang telah diberikan. Diantaranya, penyederhanaan struktur organisasi dan penyetaraan menjadi pejabat fungsional dan melaksanakan pelatihan assessor melalui kegiatan workshop peningkatan kapasitas assessor.
Kemudian, meningkatkan kuantitas dan kualitas pembinaan Reformasi Birokrasi kepada seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalteng agar komitmen dan kualitas pelaksanaan Reformasi Birokrasi di tingkat Kabupaten/Kota bisa semakin baik dan berkelanjutan.
“Pemprov Kalteng tidak henti-hentinya berbenah untuk semakin baik, tidak semata mengejar nilai dan predikat namun yang terpenting memenuhi 8 area perubahan yang berwujud nyata dalam kinerja Pemprov Kalteng,” pungkas Sekda. (win/eka)