Pemprov Kalteng Gelar Kick Off Percepatan Implementasi SPBE
Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Herson B. Aden, mewakili Sekda, membuka Kick Off Meeting Percepatan Implementasi SPBE Satu Data Satu Aplikasi Provinsi Kalteng di Aula Eka Hapakat, Lantai III Kantor Gubernur, Selasa (13/6/2023).
PALANGKA RAYA – BIRO ADPIM. Sekretaris Daerah (Sekda) Nuryakin, diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Herson B. Aden, membuka Kick Off Meeting Percepatan Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Satu Data Satu Aplikasi Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Aula Eka Hapakat, Lantai III Kantor Gubernur, Selasa (13/6/2023).
Satu Aplikasi merupakan platform digital yang menggabungkan berbagai layanan dan fitur yang terintegrasi. Dengan adanya Satu Aplikasi, pengguna dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan dan informasi di berbagai sektor, sehingga dapat meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi layanan, bahkan memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.
Dalam sambutan Sekda yang disampaikannya, Staf Ahli Herson B. Aden atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang merupakan langkah awal penghimpunan data di sejumlah perangkat daerah guna memperoleh data agregat dalam membangun sistem layanan terintegrasi.
“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berkomitmen mendukung dan pengembangkan Satu Aplikasi dan penerapan konsep Satu Data,” ungkapnya.
Lebih lanjut, implementasi Satu Aplikasi dan Satu Data dinilai bukan tugas yang mudah. Oleh karenanya, diperlukan dukungan kerja sama, khususnya antar instansi pemerintah, dengan tidak mengedepankan ego sektoral, sehingga upaya pengintegrasian dapat berjalan dengan baik.
“Saya yakin dengan semangat inovasi dan kerja sama yang kuat, kita dapat mencapai tujuan kita dalam mengembangkan super aplikasi dan menerapkan konsep Satu Data. Kedua inisiatif ini memiliki potensi besar dalam upaya memajukan pelayanan publik, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan daerah yang lebih baik bagi masyarakat,” imbuhnya.
Sekda berharap Perangkat Daerah yang telah ditetapkan sebagai objek sumber data dan pendalaman pada tahap pertama ini dapat bekerja sama dengan baik dalam memberikan informasi dan data yang dibutuhkan.
“Saya berharap segenap Kepala Perangkat Daerah untuk dapat mengikuti kegiatan ini secara seksama, sehingga dapat terbangun suatu pemahaman yang sama dalam Percepatan Imlementasi SPBE lingkup Pemerintah Kalimantan Tengah,” pungkasnya.
Turut hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng Agus Siswadi, sejumlah Kepala Perangkat Daerah lainnya di lingkup Pemprov Kalteng, dan perwakilan dari PT Indoraj Arsip Multiguna. (dew/fen)