Pj. Sekda Ingatkan Komitmen Bersama Wujudkan Nilai SPBE dan Inovasi Kalteng Menuju Predikat Baik
PALANGKA RAYA – BIRO ADPIM. Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Nuryakin, diwakili Asisten Administrasi Umum Lies Fahimah, memimpin rapat Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Evaluasi Indeks Inovasi Daerah Tahun 2021, bertempat di Aula Eka Hapakat, Kompleks Kantor Gubernur, Senin (17/1/2022).
Pj. Sekda menyambut baik terlaksananya kegiatan ini yang berguna untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi dan komunikasi dalam memberikan layanan pada pengguna SPBE. Pembangunan manajemen layanan SPBE sebagai rangkaian proses untuk mencapai penerapan SPBE yang efektif, efisien, berkesinambungan, dan berkualitas.
Sebagaimana diamanatkan Perpres RI Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan berkualitas, diperlukan pemerintahan berbasis elektronik yang mengharuskan adanya keterpaduan antara Pusat dan Daerah serta melibatkan, antara lain Kementerian Dalam Negeri, Kominfo RI, Bappenas, dan Kepala BPPT. Sementara di daerah, Koordinator SPBE Pemerintah Daerah dijabat oleh Sekda yang mengkoordinasikan penerapan kebijakan SPBE dan ditindaklanjuti oleh perangkat daerah terkait.
Untuk itu, Pj. Sekda, melalui Asisten Administrasi Umum, menyampaikan beberapa hal penting, antar lain agar segera dibentuk Tim Koordinasi SPBE Provinsi Kalteng, masing-masing sektor melakukan tugas dan fungsinya secara terkoordinasi, serta mempercepat penyelesaian Peraturan Gubernur tentang SPBE Provinsi Kalteng. Diharapkan, sebagai bentuk komitmen bersama, nantinya dalam evaluasi, hasil penilaian indeks inovasi minimal memperoleh nilai baik. “Semoga pembangunan dan peningkatan SPBE secara keseluruhan Pemprov Kalteng dan inovasi Kalteng menuju predikat baik,” harap Pj. Sekda.
Hadir mendampingi Asisten Administrasi Umum dalam rapatini, Plt. Diskominfosantik Agus Siswadi. Rapat diikuti oleh seluruh Kepala OPD lingkup Pemprov Kalteng. (dew)