BIRO ADPIM

Top Menu

  • Home

Main Menu

  • BERANDA
  • PROFIL
    • TUGAS DAN FUNGSI
    • VISI DAN MISI
    • STRUKTUR ORGANISASI
  • SIARAN PERS
  • BERITA
  • ARTIKEL
  • BULETIN
  • Opini
  • GALERI
    • FOTO
    • Video
    • INFOGRAFIS
  • PPID
    • Dokumen PPID
    • Maklumat Pelayanan PPID
    • Visi dan Misi PPID
    • Struktur Organisasi PPID
    • Tugas dan Wewenang PPID
    • Alur Permohonan PPID
    • PPID Utama
  • KONTAK
  • Home

logo

BIRO ADPIM

  • BERANDA
  • PROFIL
    • TUGAS DAN FUNGSI
    • VISI DAN MISI
    • STRUKTUR ORGANISASI
  • SIARAN PERS
    • Gubernur Sugianto Sabran Bentuk Tim Pengawasan Perizinan Berusaha Terintegrasi di Provinsi Kalimantan ...

      17/01/2022
      0
    • Temui Gubernur, GM PLN Dukung Hilirisasi di Kalimantan Tengah Melalui Pembangunan Kelistrikan

      17/11/2021
      0
    • 100 Hari Menjelang Tutup Tahun 2021, Sugianto-Edy Percepat Pertumbuhan Ekonomi Kalteng di ...

      24/09/2021
      0
    • Gubernur Sugianto Pantau Kondisi Banjir Palangka Raya-Katingan dari Udara

      17/09/2021
      0
    • Kejar Target Vaksinasi Pelajar di Kalteng, Strategi Gubernur Mewujudkan Pembelajaran Tatap Muka

      28/08/2021
      0
    • Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Pacu Hilirisasi Sektor Industri

      24/08/2021
      0
    • Ekonomi Kalteng Bangkit di Masa Pandemi, Kontribusi 5,65% Terhadap Perekonomian Nasional

      10/08/2021
      0
    • Pemerintah Kembali Menambah Jumlah Penerima Bantuan Sosial Beras di Kalteng

      10/08/2021
      0
    • Kalteng Berhasil Lewati Krisis Oksigen karena Bantuan dari Presiden Bersama Gubernur, Forkopimda, ...

      10/08/2021
      0
  • BERITA
  • ARTIKEL
    • Gubernur Beri Motivasi pada Pelajar dan Mahasiwa Kalteng

      10/03/2020
      0
    • Lestarikan Tradisi Adat Leluhur, Tasyakuran Aqiqah Putra Gubernur Kalteng Padukan Adat Kotawaringin, ...

      08/03/2020
      0
    • Gubernur Berharap Pekan Rajabiyah Jadi Momentum Pemersatu di Tengah Keberagaman

      07/03/2020
      0
    • Mencetak SDM Berkualitas di Era Digital

      20/11/2019
      0
    • Gubernur Apresiasi Kinerja Anak Buah dalam Tiga Tahun Kepemimpinannya

      19/10/2019
      0
  • BULETIN
    • Buletin Isen Mulang Edisi 362 Desember 2024

      31/12/2024
      0
    • Buletin Isen Mulang Edisi 361 November 2024

      30/11/2024
      0
    • Buletin Isen Mulang Edisi 360 Oktober 2024

      31/10/2024
      0
    • Buletin Isen Mulang Edisi 359 September 2024

      30/09/2024
      0
    • Buletin Isen Mulang Edisi 358 Agustus 2024

      31/08/2024
      0
    • Buletin Isen Mulang Edisi 357 Juli 2024

      31/07/2024
      0
    • Buletin Isen Mulang Edisi 356 Juni 2024

      20/06/2024
      0
    • Buletin Isen Mulang Edisi 355 Mei 2024

      31/05/2024
      0
    • Buletin Isen Mulang Edisi 354 April 2024

      30/04/2024
      0
  • Opini
  • GALERI
    • FOTO
    • Video
    • INFOGRAFIS
  • PPID
    • Dokumen PPID
    • Maklumat Pelayanan PPID
    • Visi dan Misi PPID
    • Struktur Organisasi PPID
    • Tugas dan Wewenang PPID
    • Alur Permohonan PPID
    • PPID Utama
  • KONTAK
Umum
Home›Umum›Sosialisasi Evaluasi Kinerja Diharapkan Jadi Momentum Percepatan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Sosialisasi Evaluasi Kinerja Diharapkan Jadi Momentum Percepatan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

By Biro Adpim
27/02/2024
680
0
Share:

Sosialisasi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 digelar di Aula Eka Hapakat, Lantai III Kantor Gubernur, Selasa (27/2/2024).

 

PALANGKA RAYA – BIRO ADPIM. Dalam upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik, digelar kegiatan Sosialisasi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024. Kegiatan ini dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Nuryakin di Aula Eka Hapakat, Lantai III Kantor Gubernur, Selasa (27/2/2024).

Nuryakin dalam sambutannya mengatakan prinsip dalam penyelenggaraan pelayanan publik tidak hanya mengutamakan kepentingan pasar saja, tetapi juga harus mengutamakan kepentingan masyarakat, standar profesional, ketaatan pada hukum, efisiensi dan efektivitas, serta kepuasan masyarakat sebagai obyek layanan dari penyelenggaraan pelayanan publik dan pemerintahan.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa aspirasi masyarakat menjadi referensi utama dalam menentukan arah kebijakan dan pembangunan sistem pelayanan publik.

“Dengan demikian, kualitas pelayanan publik yang baik adalah kunci utama untuk memenuhi harapan masyarakat dan membangun kepercayaan publik yang positif,” ujarnya.

Selain itu, Nuryakin berpesan agar pelayanan publik terus ditingkatkan supaya memperoleh predikat yang lebih baik di tahun 2024. Selain itu, setiap instansi juga harus tetap memperhatikan indikator-indikator penilaian pelayanan publik dan bobot nilainya serta perlu melakukan upaya perbaikan dan penyempurnaan secara terus-menerus berkesinambungan terhadap manajemen dan administrasi pelayanan publik.

“Hal itu dimaksudkan untuk mewujudkan bentuk layanan yang cepat, tepat, dan sesuai dengan tuntutan, harapan, serta keinginan masyarakat, sebagai upaya untuk mempertegas hak dan kewajiban warga negara serta terwujudnya tanggung jawab negara dan instansi pemerintah dalam penyelenggaraan pelayanan publik,” lanjutnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik di Lingkungan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, setiap Penyelenggara Pelayanan Publik wajib melakukan Forum Konsultasi Publik sebagai bentuk peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik dan melaporkan hasilnya kepada Menteri PANRB.

“Melalui Penilaian Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 ini, diharapkan dapat mendorong Pemerintah Daerah di Provinsi Kalimantan Tengah untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik serta pencegahan terhadap maladministrasi, melalui pemenuhan standar pelayanan, pemenuhan sarana prasarana, peningkatan kompetensi penyelenggara layanan, serta kualitas pengelola pengaduan pada tiap unit penyelenggara pelayanan publik,” ungkapnya.

Nuryakin juga berharap kegiatan sosialisasi ini akan menjadi momentum yang tepat dalam upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik yang terukur serta penetapan prioritas pelaksanaan Forum Konsultasi Publik dalam rangka transparansi dan efektivitas penyelenggaraan pelayanan publik pada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng.

Analis Kebijakan Madya Fahrul Rizal, mewakili Pelaksana Tugas (Plt.) Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB menyampaikan dalam sambutannya bahwa berdasarkan Worldwide Governance Indicator, Indeks Efektivitas Pemerintah Tahun 2023 berhasil naik dari yang semula 64.76 pada tahun 2022 menjadi 66.04.

“Pengukuran Indeks Efektivitas Pemerintah ini menjadi salah satu tolok ukur pelayanan umum yang berstandardisasi internasional yang dilakukan melalui survei terhadap persepsi masyarakat sebagai pengguna layanan,” ucapnya.

Dengan adanya peningkatan skor tersebut, diharapkan bisa menjadi modal awal Indonesia dalam menciptakan visi birokrasi berkelas dunia.

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu wujud kolaborasi yang nyata. Besar harapan kami, Bapak/Ibu dapat melakukan pembinaan kepada para unit lokus yang dievaluasi sebelum dilakukan penilaian secara objektif,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Kalteng Betri Susilawati, Kepala Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng, serta jajaran Kementerian PAN RB. (may/ist)

Bagikan
Tagskualitaspelayanan publiksosialisasi
Previous Article

Wagub Edy Pratowo Buka “Best Practice” Penyusunan ...

Next Article

Pemprov Kalteng Terima Award dari FKUB karena ...

Share:

Related articles More from author

  • Umum

    Pemprov Kalteng Gelar Sosialisasi Surat Edaran Gubernur mengenai Pembatasan Perjalanan pada Masa Pandemi Covid-19

    16/04/2021
    By Biro Adpim
  • Umum

    Wakili Gubernur, Asisten Ekobang Hadiri Pembukaan Workshop Pelayanan Publik

    20/06/2023
    By Biro Adpim
  • Umum

    Sekda Kalteng Harapkan Kampung Keluarga Berkualitas Bukan Hanya Jadi Slogan

    06/09/2022
    By Biro Adpim
  • Pemerintah

    Tingkatkan Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemprov Kalteng Gelar Sosialisasi dan Pelatihan IPKD Tahun 2022

    23/06/2022
    By Biro Adpim
  • Umum

    Biro Adpim Perbaharui Sarpras guna Menunjang Pelayanan Publik

    13/08/2025
    By Biro Adpim
  • Umum

    Gubernur: Kanwil Kemenkumham Wajib Bantu Pemda Bentuk Produk Hukum

    05/03/2020
    By Biro Adpim

  • Umum

    Staf Ahli Gubernur Suhaemi Hadiri Forum Keselamatan Ketenagakerjaan Bersama Stakeholder

  • Umum

    Zona Merah Bertambah, Jumlah Kasus Positif Capai 78 Orang

  • Umum

    Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng Hadiri Pembukaan Rakernas 2021 melalui Video Conference

BERITA TERBARU

  • Gubernur Kalteng Tinjau Pasar Murah dan Cek Kesehatan Gratis di Sukamara
  • Gubernur Agustiar Sabran Panen Udang dan Tabur Benur Udang Vaname di Kawasan Shrimp Estate Berkah
  • Kalteng Pos Rayakan HUT Ke-32, Gubernur Agustiar Sabran Apresiasi Transformasi Digital dan Peran Demokrasi
  • Gubernur Hadir dalam Pertemuan Kasatwil Polda Se-Kalteng dan Ajak Bangun Kebersamaan
  • Gubernur Hadiri Pisah Sambut Kajati Kalteng

BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Jl. RTA Milono No.1, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah 73111

  • Recent

  • Popular

  • Gubernur Kalteng Tinjau Pasar Murah dan Cek Kesehatan Gratis di Sukamara

    By Biro Adpim
    07/12/2025
  • Gubernur Agustiar Sabran Panen Udang dan Tabur Benur Udang Vaname di Kawasan Shrimp Estate Berkah

    By Biro Adpim
    07/12/2025
  • Kalteng Pos Rayakan HUT Ke-32, Gubernur Agustiar Sabran Apresiasi Transformasi Digital dan Peran Demokrasi

    By Biro Adpim
    06/12/2025
  • Buletin Isen Mulang Edisi 291 Januari 2019

    By Biro Adpim
    08/10/2019
  • Buletin Isen Mulang Edisi 292 Februari 2019

    By Biro Adpim
    08/10/2019
  • Buletin Isen Mulang Edisi 293 Maret 2019

    By Biro Adpim
    08/10/2019
Johni Sonder, S.STP, M.Si